Konfigurasi Port Security di Switch Cisco 〡〡 Cisco Packet Tracer





1. Pengertian Port Security

Port Security adalah sebuah cara membuat keamanan dalam jaringan yang terdapat pada sebuah perangkat Switch.

2. Fungsi Port Security Switch

Port yang terdapat pada switch dapat kita atur untuk bisa memaksimalkan perannya sebagai keamanan  jaringan. Setiap perangkat yang terhubung melalui port pada switch akan dilakukan verifikasi atau pemeriksaan.

Bila MAC address device atau perangkatnya itu terdaftar di switch, maka perangkat tersebut diperbolehkan untuk mendapatkan layanan yang terdapat dalam jaringan. Namun sebaliknya, bila tidak terdaftar maka akan menerima konsekwensi yang akan kita berikan.

3. Mode pada switch 

         1. Protect

Bila port diberikan pengaturan ini, maka paket dari device atau perangkat akan di drop (dihentikan) untuk tidak bisa terhubung.

2. Restrick

Bila port diberikan pengaturan ini, maka paket device tidak di drop (dihentikan) namun akan dicatat saja, dan kemudian tidak diberi ijin masuk jaringan.

3. Shutdown

Bila port diberikan pengaturan ini, maka port akan langsung dimatikan, dan device atau perangkat secara otomatis tidak dapat terhubung

 

4. Topologi Port Security Switch

Berikut adalah topologi yang akan kita gunakan untuk mencoba implementasi dari Port Security :



1. Tahapan awal adalah memberikan IP address pada masing-masing server dan pc yang terhubung ke switch begitu pula dengan ip pc hacker.
2. Server 1 mode Shutdown
    Server 2 mode Protect
    Server 3 mode Restrict
3.  pastikan semua server dapat saling berkomunikasi. Lakukan perintah PING. Untuk             mendapatkan MAC Address di Server --> desktop dan comand prompt.


4.  Berikut konfigurasi port security di perangkat switch. 


 5. Tahapan pengujian 

A. mode shutdown

  • cabut kabel yang ada di server 1 dan hubungkan ke pc hacker.


  • kemudian ping ke ip server bebas mau server 1, 2 maupun 3. untuk kali ini saya akan ping ke server 1

  • dan inilah hasilnya, Bila port diberikan pengaturan ini, maka port akan langsung dimatikan, dan device atau perangkat secara otomatis tidak dapat terhubung.



B. Mode Protect
  • cabut kabel yang ada di server 2 dan hubungkan ke pc hacker.

  • lalu ping ke ip server, dan nanti akan request timed out dan untuk warna interface nya tidak akan berubah tapi packet yang dikirimkan akan diberhentikan. 



C. Mode Restrict.

  • cabut kabel yang ada di server 3 dan hubungkan ke pc hacker.

  • Kemudian lakukan ping ke ip server 3.



  • dan untuk warna intreface nya tidak akan berubah, paket dihentikan namun akan dicatat saja, dan kemudian tidak diberi ijin masuk jaringan.


Demikian tutorial Cara Konfigurasi Port Security Switch pada Cisco Packet Tracer. Semoga bisa bermanfaat untuk sobat semua, dan apabila terdapat kekurangan atau bentuk pertanyaan silahkan untuk meninggalkan komentar.






0 Komentar